Sosial Kemasyarakatan Kecamatan Suk Midai

Keberhasilan suatu daerah sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikan penduduknya, Semakin maju pendidikan berarti akan membawa berbagai pengaruh positif bagi masa
depan berbagai bidang kehidupan. Faktor utama keberhasilan pembangunan di suatu daerah, salah satunya adalah tersedianya cukup Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Pada tahun 2017, Kecamatan Suak Midai memiliki satu buah sekolah SD untuk tingkat dasar, dan satu SMA untuk tingkat menengah atas. Sedangkan untuk SMP ataupun MTS untuk tingkat menengah pertama belum tersedia dikecamatan Suak Midai pada tahun 2017.

Indikator pendidikan lainnya, yaitu rasio murid-guru, memiliki nilai yang bervariasi antar jenjang pendidikan di kecamatan Suak Midai pada tahun 2017. Rasio murid-guru tertinggi adalah dari Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu sebesar 8. Sedangkan rasio murid-guru terendah adalah dari Taman Kanak-Kanak (TK) yaitu sebesar 3,25. Dalam hal ini, semakin rendah indikator rasio murid-guru maka menunjukkan tenaga pendidik yang semakin mencukupi.

Pembangunan bidang kesehatan bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan murah. Dengan tujuan tersebut diharapkan akan tercapai derajat kesehatan masyarakat yang baik, yang pada gilirannya memperoleh kehidupan yang sehat dan produktif.

Fasilitas kesehatan yang ada di Kecamatan Suak Midai pada tahun 2017 terdiri atas puskesmas pembantu, Praktek Dokter dan polindes. Kecamatan Suak Midai memiliki satu buah Puskesmas Pembantu yang terletak di Desa Batu Belanak dan Desa Gunung Jambat. Sedangkan untuk Desa Air Kumpai hanya tersedia satu unit Polindes dan satu Praktek Dokter.

Dari sisi fasilitas keagamaan yang tersedia di Kecamatan Suak Midai, dapat dilihat bahwa fasilitas terbanyak yaitu masjid dan mushola. Hal ini sesuai dengan jumlah penganut agama islam yang merupakan agama mayoritas di kecamatan Suak Midai seperti yang disajikan pada bab sebelumnya. ***

Sumber: Kecamatan Suak Midai Dalam Angka 2018 oleh BPS Kabupaten Natuna.