Pertanian Kecamatan Suak Midai

Pertanian merupakan salah satu sektor yang memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang perekonomian di Indoneisa. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya hidup dengan bertani. Oleh karena itu ketersediaan data pertanian harus menjadi perhatian penting bagi perstatistikan Indonesia.

Berdasarkan jumlah penduduk yang bekerja menurut sektor yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, dapat dilihat bahwa sebagian besar penduduk Kecamatan Suak Midai bekerja pada sektor pertanian. Dan pada hampir sebagian luas wilayah Kecamatan Suak Midai digunakan untuk lahan pertanian non sawah. Sedangkan untuk luas lahan sawah masih belum terdapat di kecamatan Suak Midai, hal inilah yang menyebabkan masih belum adanya produksi padi sawah di Kecamatan Suak Midai.

Dari sisi peternakan, ternak yang terdapat di kecamatan Suak Midai hanya terdapat lima jenis hewan ternak yaitu Sapi, Kambing/Domba, Ayam lokal, Ayam Pedaging, dan Itik. Sedangkan untuk kerbau, kuda, babi, dan ayam petelur masih belum tersedia di Kecamatan Suak Midai.

Dilihat dari jumlahnya, ternak terbanyak di Kecamatan Suak Midai yaitu ayam Lokal dengan jumlah 3.032 ekor ayam, sedangkan ternak paling sedikit yaitu itik dengan 28 ekor. Dimana secara keseluruhan ternak terbanyak terdapat di Desa Gunung Jambat dan yang tersedikitnya yaitu Desa Air Kumpai, sedangkan jika dirinci dari jenis ternaknya, Desa batu Belanak merupakan satu-satunya desa yang memiliki ayam pedaging dengan jumlah 52 ekor, dan juga merupakan desa yang memiliki jumlah kambing/domba terbanyak dengan rasio 61 persen dari jumlah yang ada di Kecamatan Suak Midai. ***

Sumber: Kecamatan Suak Midai Dalam Angka 2018 oleh BPS Kabupaten Natuna.