Penduduk dan Tenaga Kerja Kecamatan Suak Midai

Di dalam Garis-Garis besar Haluan Negara dinyatakan bahwa jumlah penduduk yang besar akan menjadi modal dasar yang efektif bagi pembangunan nasional hanya bila penduduk yang besar tersebut berkualitas baik. Namun dengan pertambahan penduduk yang pesat sulit untuk meningkatkan mutu kehidupan dan kesejahteraan secara layak dan merata. Hal ini berarti bahwa penduduk yang besar dengan kualitas yang tinggi tidak akan mudah dicapai.

Registrasi penduduk merupakan kegiatan pencatatan administrasi kependudukan yang dilaksanakan oleh bagian pemerintahan di setiap kecamatan yang datanya berasal dari masing-masing desa/kelurahan. Berdasarkan data yang diregistrasikan oleh kecamatan Suak Midai pada tahun 2017, jumlah penduduk di kecamatan Suak Midai mencapai 1.767 jiwa yang terdiri dari 904 penduduk laki-laki dan 863 penduduk perempuan. Sedangkan jumlah rumah tangga tercatat sebanyak 563 rumah tangga yang berarti setiap rumah tangga rata-rata memiliki jumlah anggota rumah tangga sebanyak 3 jiwa.

Selain itu berdasarkan data sex ratio kecamatan Suak Midai tahun 2017 menunjukan bahwa penduduk laki-laki lebih banyak daripada penduduk perempuan. Hal ini ditunjukan dari data sex ratio yang mencapai angka 105,2 persen, yang berarti setiap 100 perempuan ada 104 laki-laki.

Berbicara mengenai penduduk tidak akan terlepas dari berbagai masalah kependudukan. Salah satu masalah kependudukan yang selalu muncul yaitu dari sisi ketenagakerjaan. Dari tujuh sektor utama yang disajikan pada publikasi ini, dapat dilihat bahwasanya sektor terbanyak yaitu sektor pertanian dengan 260 jiwa, hal ini sesuai dengan
penggunaan lahan di kecamatan Suak Midai yang hampir 74 persennya digunakan untuk luas lahan pertanian. ***

Sumber: Kecamatan Suak Midai Dalam Angka 2018 oleh BPS Kabupaten Natuna.