Geografi Kecamatan Suak Midai

Kecamatan Suak Midai merupakan salah satu kecamatan di kabupaten natuna. Luas wilayah kecamatan Suak Midai adalah 30.63 km2 dimana penggunaan lahan terluas yaitu penggunaan lahan pertanian bukan sawah dengan total 22.61 km2. Hal ini diperoleh berdasarkan hasil pendataan Potensi Desa yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Natuna pada tahun 2018. Secara astronomis Kecamatan Suak Midai terletak antara 300’5” – 300’58” Lintang utara dan 107046’48” – 108048’18” bujur timur.

Kecamatan Suak Midai terdiri dari tiga desa yaitu Air Kumpai, Batu Belanak, dan Gunung jambat dengan daerah terluas yaitu Desa Air Kumpai dengan rasio 58.76 persen terhadap luas kecamatan Suak Midai.

Kecamatan Suak Midai memiliki batas-batas wilayah adalah sebagai berikut : disebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Pulau Tiga, sebelah selatan berbatasan dengan laut
natuna, disebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Suak Midai dan disebelah Timur berbatasan dengan Laut Natuna.

Berdasarkan kondisi topografinya, wilayah Kecamatan Suak Midai umumnya merupakan pantai, lereng bukit, dan dataran rendah, dan berbukit. Hal ini wajar terjadi karena wilayah ini merupakan wilayah yang dikelilingi oleh lautan. Oleh karena itu, ketinggian wilayah kecamatan di atas permukaan laut (DPL) berkisar di 3-75 meter.

Jarak lurus kantor camat Suak Midai ke kantor Bupati Kabupaten natuna mencapai 169 km dikarenakan kecamatan Suak Midai berada dipulau yang berbeda dengan pulau utama
Kabupaten natuna. Sedangkan desa terjauh dari kantor camat yaitu desa air kumpai dengan jarak mencapai 2 km. ***

Sumber: Kecamatan Suak Midai Dalam Angka 2018 oleh BPS Kabupaten Natuna.