Kemendagri Keluarkan Kode Tiga Kecamatan Baru di Natuna

Kementerian Dalam Negeri akhirnya menyetujui usulan pemekaran tiga kecamatan di Kabupaten Natuna. Persetujuan tersebut dituangkan dengan keluarnya nomor kode area untuk tiga kecamatan tersebut.

Kecamatan Suak Midai dengan kode wilayah 21.03.04, Bunguran Batubi 21.03.05 dan Kecamatan Pulau Tiga 21.03.06.
Selain tiga kecamatan itu, Natuna juga memekarkan 20 desa dan 1 kelurahan.

Wakil Ketua DPRD Natuna, Hadi Candra mengatakan rekomendasi dari Kemendagri dan kode wilayah tersebut, menyatakan ketiga kecamatan baru itu sudah defenitif ditetapkan.

“Rekomendasi dari Kemendagri sudah kita terima sekaligus kode wilayahnya. Artinya ketiganya sudah definitif,” kata Candra, Minggu (27/9/2015).

Ia menambahkan, proses keluarnya rekomendasi tidak lepas dari peran serta masyarakat Natuna seperti mendesak Pemkab natuna untuk mengeluarkan surat rekomendasi, hingga ke jenjang Kementerian Dalam Negeri.

“Kita harus berterima kasih kepada Pak gubernur dan jajarannya juga yang sudah banyak membantu dan konsen dalam hal ini,” sebutnya.

Ia berharap pemerintah daerah bisa segera mempersiapkan dan memfasilitasi apa yang menjadi keperluan kecamatan baru itu guna terciptanya pelayanan yang cepat dan mudah.

Dengan adanya kecamatan baru ini, menurutnya dapat mempermudah dan mempercepat rentang kendali pengurusan administrasi yang berkaitan dengan birokrasi.

Masyarakat kepulauan di Natuna kerap terkendala dengan rentang jarak tempuh dalam hal tersebut selama ini.
“Mudah-mudahan menjadi solusi masyarakat saat berurusan dengan administrasi yang selama ini terhambat dengan rentang jarak dan waktu,” katanya. (*)

Sumber: http://batam.tribunnews.com/2015/09/28/kemendagri-keluarkan-kode-tiga-kecamatan-baru-di-natuna.